cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
ISSN : 25027638     EISSN : 25028391     DOI : -
Core Subject : Education,
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. JIPMat is published 2 times a year in April and October.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2021)" : 14 Documents clear
PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA Nur Arfi Aulia Zulfah; Widya Kusumaningsih; Dhian Endahwuri
JIPMat Vol 6, No 2 (2021)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v6i2.9495

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan profil kemampuan penalaran matematis kelas VIIA MTs Nurul Ulum Jembayat dalam menyelesaikan soal cerita titinjau dari gaya belajar. Metode yang dipakai adalah diskriptif kualitatif. Subjek yang diambil adalah tiga siswa kelas VIIA MTs Nurul Ulum Jembayat tahun ajaran 2021/2022 dengan rincian satu siswa visual, satu siswa auditorial dan satu siswa kinestetik. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan nilai UTS tertinggi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket gaya belajar, tes tulis, dan lisan. Uji keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek visual hanya memenuhi 3 indikator penalaran matematis yaitu, siswa mampu menunjukkan proses penalarannya dan dapat menentukan langkah awal serta metode dengan tepat, selain itu siawa kurang teliti sehingga ada beberapa perhitungan yang salah. Subjek auditorial dan kinestetik memenuhi 4 indikator penalaran matematis. Subjek auditorial mampu menyajikan informasi soal dengan lengkap, langkah awal dalam menyelesaikan soal sudah benar dan dalam memberikan argument sangat jelas dan lengkap. Sedangkan subjek kinestetik tidak menuliskan informasi pada soal dan dalam mengajukan dugaan dan menyusun dan memberikan alasan terhadap kebenaran solusi subjek auditorial lebih baik dibandingkan subjek kinestetik.
ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI TINGKAT PENGUASAAN MATEMATIKA Ernawati Ernawati; Widya Putri Ramadhani
JIPMat Vol 6, No 2 (2021)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v6i2.9251

Abstract

Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan tujuan menganalisis kemampuan komunikasi matematis dalam   menyelesaikan soal-soal program linear ditinjau dari tingkat penguasaan matematika. Terdapat 3 subjek penelitian ini yaitu satu siswa penguasaan matematika tinggi (ST), satu siswa penguasaan matematika sedang (SR), dan satu   siswa penguasaan matematika rendah (SR). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen soal tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan penguasaan matematika tinggi mampu  mencermati informasi yang tersedia pada permasalahan dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa siswa mampu mengkomunikasikan hasil pekerjaannya dengan alur yang detail. Sedangkan siswa dengan penguasaan matematika sedang memapu mencermati informasi yang tersedia dalam permasalahan, namun kurang mampu untuk memahami permasalahan tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa siswa masih kurang mampu untuk mengkomunikasikan  hasil pekerjaannya secara detail dan siswa dengan penguasaan  matematika rendah mampu  mengetahui informasi yang terdapat dalam soal, namun kurang mampu memahami soal. Hal ini menunjukkan bahwa siswa belum mampu untuk mengkomunikasikan hasil pekerjaannya.
ANALISIS MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MASA PANDEMI Mohammad Iqbal; Ponoharjo Ponoharjo; Ahmadi Ahmadi
JIPMat Vol 6, No 2 (2021)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v6i2.9037

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi motivasi belajar matematika siswa di masa pandemi di SD. Subjek pada penelitian ini adalah 29 siswa kelas VB SD Negeri Demangharjo 01 yang berada di Desa Demanghajo, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kondisi motivasi belajar matematika siswa di masa pandemi memiliki rata-rata sebesar 68,96% yang termasuk dalam kategori cukup, berdasarkan dari 6 indikator yaitu 1.) 65,52% yang dikategorikan tinggi, 2.) 58,62% yang dikategorikan cukup, 3.) 41,38% yang dikategorikan cukup, 4.) 58,62% yang dikategorikan cukup, 5.) 41,38% yang dikategorikan rendah, 6.) 55,17% yang dikategorikan rendah. Maka dapat disimpukan bahwa motivasi belajar matematika di masa pandemi siswa kelas VB SD Negeri Demangharjo 01 termasuk dalam kategori cukup, walaupun masih diperlukan peningkatan seperti pada cara mengajar yang menarik, kondisi lingkungan yang dimana perhatian dari orang tua perlu diberikan untuk anak agar motivasi belajar mereka di masa pandemi saat ini tetap tinggi.
ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI LEVEL KOGNITIF SISWA KELAS VIII Rina Dwi Setyawati; Latifatus Saadah; FX Didik Purwosetyono
JIPMat Vol 6, No 2 (2021)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v6i2.10022

Abstract

Penelitian deskriptif  ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari level kognitif siswa. Subjek penelitian dipilih 3 siswa berdasarkan level kognitif siswa tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data dilakukan melalui tes koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah matematika dan wawancara. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) siswa dengan level kognitif tinggi kecenderungan mampu memenuhi semua indikator koneksi matematis yaitu koneksi antar konsep matematika, koneksi matematis dengan bidang studi lain, dan koneksi matematis dengan kehidupan nyata, 2) siswa dengan level kognitif sedang belum memenuhi semua indikator koneksi matematis kecenderungan hanya dua indikator yang terpenuhi yaitu koneksi dengan bidang studi lain dan koneksi matematis dengan kehidupan nyata, 3) siswa dengan level kognitif rendah belum dapat memenuhi aspek indikator koneksi matematis kecenderungan hanya satu indikator yang terpenuhi yaitu koneksi dengan kehidupan nyata.
PENGARUH PEMBERIAN KUIS PADA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Nur Fauziyah; Eleonora Dwi Wahyuningsih; Ibnu Sina
JIPMat Vol 6, No 2 (2021)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v6i2.9307

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh pemberian kuis pada pembelajaran dengan menggunakan media audio visual terhadap prestasi belajar matematika peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 2 Kramat tahun ajaran 2020/2021. 2) Untuk mendeskripsikan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan pemberian kuis pada pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat melampaui nilai KKM diatas 60%.  Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode tes prestasi belajar. Analisis data yang digunakan yaitu  Uji – t dan uji proporsi satu pihak kanan dengan taraf signifikansi 5%. Hasil dari penelitian ini diperoleh (1) terdapat pengaruh pemberian kuis pada pembelajaran dengan menggunakan media audio visual terhadap prestasi belajar matematika peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 2 Kramat tahun ajaran 2020/2021 dengan  thitung = 1,90  > ttabel (5%) = 1,67. (2) Prestasi peserta didik yang diajar dengan pemberian kuis pada pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat melampaui nilai KKM diatas 60% yaitu 69%.
KEMAMPUAN MEMBUKTIKAN PERNYATAAN DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING BERBASIS KOMPUTER Puji Rahayu; Warli Warli; Imas Cintamulya
JIPMat Vol 6, No 2 (2021)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v6i2.9519

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang teori kemampuan membuktikan pernyataan dengan strategi scaffolding berbasis komputer. Kajian yang tertulis dalam artikel mempunyai tujuan untuk memberikan penjelasan bagaimana kemampuan membuktikan pernyataan dengan strategi scaffolding berbasis komputer. Strategi scaffolding dapat membantu mahasiswa dalam memahami bagaimana cara menyelesaikan permasalahan dengan bertahap yang cocok dengan zone of proximal development mahasiswa. Melalui kegiatan komputer mahasiswa bisa memandang konsep-konsep matematika yang abstrak dari sisi kongkrit sehingga bisa meningkatkan nilai tes retensi serta memecahkan sebuah masalah. Dengan memanfaatkan komputer, pembelajaran dapat efektif dan efisien sehingga sangat cocok jika  scaffolding yang diberikan dalam pembelajaran mendayagunakan teknologi komputer. Bentuk scaffolding yang diberikan dengan memanfaatkan penggunaan komputer dalam membuktikan sebuah pernyataan bisa berbentuk video, gambar dan animasi. Dengan demikian aktivitas komputer bisa menjadikan matematika jadi lebih bermakna dan meningkatkan motivasi mahasiswa dalam membuktikan pernyataan. Teori yang telah dirangkum oleh penulis dalam artikel ini terdiri dari berbagai sumber dan teori, serta artikel yang telah ditulis penulis sebelumnya yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam menguatkan sebuah pendapat.
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DI TINJAU DARI CURIOSITY SISWA PADA PEMBELAJARAN MANDIRI BERBANTUAN MOBILE LEARNING Evadatul Musaidah; Zaenuri Zaenuri
JIPMat Vol 6, No 2 (2021)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v6i2.9507

Abstract

Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah mengetahui kemampuan  berpikir  kreatif  matematis  ditinjau  dari curiosity siswa pada  pembelajaran  mandiri  berbantuan  mobile Learning. Mobile Learning diwujudkan dalam aplikasi android yang dirancang dengan menggunakan  aplikasi App Inventor 2 (AI2. App Inventor 2 (AI2). Subjek diambil enam siswa kelas VII SMP N 1 Sayung. Data diambil dengan teknik tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Respon siswa terhadap pembelajaran mandiri berbantuan mobile learning sebesar 7,5 dalam kategori baik.  Terdapat  pengaruh  yang  signifikan  variabel  curiosity  siswa  terhadap  kemampuan  berpikir  kreatif matematis. Pada  analisis  kemampuan  berpikir  kreatif  matematis,  siswa  kategori curiosity tinggi  memenuhi tiga indikator berpikir kreatif matematis yaitu kelancaran, kelenturan, dan keaslian (kreatif).  Sedangkan siswa  kategori curiosity sedang memenuhi dua indikator berpikir kreatif matematis yaitu kelancaran dan kelenturan (cukup kreatif) dan ada salah satu siswa kategori curiosity sedang yang hanya memenuhi satu indikator saja (kurang kreatif). Sedangkan siswa  kategori curiosity rendah memenuhi satu indikator berpikir kreatif matematis yaitu kelancaran (kurang kreatif).
PEMBELAJARAN BARISAN DAN DERET DENGAN MODEL TALKING STICK BERBANTUAN POWER POINT Ayu Saputri; Sri Hariyani; Rahaju Rahaju
JIPMat Vol 6, No 2 (2021)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v6i2.9748

Abstract

Penelitian tindakan ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan tahap pembelajaran talking stick berbantuan media power point yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi barisan dan deret aritmetika serta barisan dan deret geometri. Subjek penelitian sebanyak 26 siswa SMK jurusan TKR. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Pengumpul data menggunakan instrumen lembar observasi, catatan lapangan, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman konsep barisan dan deret dilakukan melalui ceramah dengan dukungan media power point. Untuk memantapkan pemahaman konsep dan aplikasinya, siswa menjawab pertanyaan dalam LKS secara berkelompok. Latihan menyelesaikan masalah menggunakan model talking stick, yaitu: guru memberikan tongkat kepada salah satu siswa; tongkat diberikan kepada teman di sebelah kanannya sambil diiringi musik; siswa yang memegang tongkat pada saat musik berhenti berhak memilih dan menyelesaikan soal yang ada pada slide power point. Penyelesaian masalah dilakukan secara berkelompok dan perwakilan kelompok mempresentasikan jawabannya untuk mendapatkan tanggapan kelompok lain. Keberhasilan model talking stick ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar pada setiap siklus. Pada akhir penelitian terdapat 80,76% siswa yang tuntas belajar. Dengan demikian, tahapan model pembelajaran talking stick dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran matematika.
FAKTOR DUKUNGAN KELUARGA DALAM MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA MEMILIH JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DI IAIN PADANGSIDIMPUAN Rama Nida Siregar; Sufyani Prabawanto; Abdul Mujib; Ahmad Nizar Rangkuti
JIPMat Vol 6, No 2 (2021)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v6i2.9196

Abstract

Keluarga memiliki kontribusi terhadap perkembangan calon mahasiswa khususnya saat memilih jurusan di sebuah perguruan tinggi. Memilih jurusan di sebuah peguruan tinggi bagi setiap calon mahasiswa tidak dapat dipisahkan dari dukungan keluarga. Banyak calon mahasiswa di indonesia ketika memilih jurusan masih dipengaruhi dukungan keluarga saat mengambil sebuah keputusan, hal ini tidak terlepas dari peran keluarga khususnya orangtua sebagai pendidik pertama dan utama dalam kehidupan anaknya terutama ketika seorang anak akan memutuskan suatu hal yang berkenaan dengan pendidikan dan karir nya di masa depan. Penelitian ini bertujuan medeskripsikan faktor dukungan keluarga dalam mempengaruhi minat mahasiswa memilih jurusan pendidikan matematika. Penelitian ini dilaksanakan di IAIN Padangsidimpuan dan partisipan penelitian merupakan 43 mahasiswa program studi tadris/pendidikan matematika di IAIN Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan teknik analisis persentase. Hasil analisis faktor dukungan keluarga dibagi menjadi lima kategori dalam mempengaruhi minat mahasiswa memilih jurusan pendidikan matematika  yaitu: a) berpengaruh sangat tinggi 5%, b) berpengaruh tinggi 23%, c) berpengaruh sedang 49%, d) berpengaruh rendah 16%,  dan e) berpengaruh sangat rendah 7%.
PENGARUH VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MASA PANDEMI COVID - 19 Irwan Ari Afandi; Eleonora Dwi Wahyuningsih; Mohammad Shaefur Rokhman
JIPMat Vol 6, No 2 (2021)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v6i2.9212

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh video animasi pada pembelajaran daring terhadap pemahaman konsep matematis dari peserta didik. Metode dari penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji t sebagai uji hipotesis dari penelitian ini dengan sampel kelas VIIA sebaga kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada pengaruh dari video animasi matematika terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik yang dapat dilihat pada hasil uji t yaitu t hitung lebih besar dari t tabel.

Page 1 of 2 | Total Record : 14